Tulisan dan Kaligrafi Cina

Tulisan dan Kaligrafi Cina

Bahasa Cina adalah salah satu sistem penulisan yang paling indah dan rumit di dunia dan itu juga merupakan bentuk tulisan tertua yang disimpan begitu dekat dengan aslinya. Tulisan Cina tanggal kembali 3.000 tahun. Tulisan Cina pertama yang pernah ditemukan berasal dari Dinasti Shang (1500-950 SM) dan ditemukan pada sebuah fragmen tulang.

Tulisan Cina berasal dari gambar (hieroglif) bahwa orang-orang menggambar matahari, bulan, tumbuhan, binatang, dan apa pun yang mereka lihat yang menghubungkan mereka dengan dunia. Karakter Cina modern sedikit hubungannya dengan gambar yang mereka berasal, dan banyak karakter adalah kombinasi dari dua atau lebih simbol. Meskipun karakter Cina telah mengalami banyak perubahan selama bertahun-tahun, simbol-simbol itu masih menyediakan kunci untuk belajar cara membaca bahasa Mandarin.

Bahasa Cina lisan mencakup tujuh hingga sepuluh kelompok berbeda, termasuk Mandarin, Kanton, dan Shanghai. Ada juga banyak dialek lokal dan aksen khusus ke berbagai daerah di China. Seseorang yang lahir di Cina Utara yang berbicara Mandarin, dan seseorang yang lahir di Cina Selatan yang berbicara bahasa Kanton, akan menulis dengan cara yang sama.

Ada lebih dari 59.000 karakter dalam kamus Cina, tetapi hanya 5.000 di antaranya yang biasa digunakan. Untuk membaca koran, Anda harus dapat membaca 3.000 karakter.

Sejarah penulisan yang dikenal di Cina dimulai dengan tulang oracle, menulis pada kulit atau tulang penyu. Tulang-tulang ini digunakan sebagai alat untuk memberitahukan masa depan, penyembuh akan memanaskan tulang dan kemudian memberitahu nasib seseorang berdasarkan pada jalan mana tulang itu retak.

Bentuk tulisan selanjutnya yang diketahui berasal dari bejana-bejana di perunggu yang ditulis dengan tulisan. Contoh-contoh ini berasal dari Shang dan Dinasti Zhou (1150-771 SM). Sekitar abad ke-5 SM orang mulai menulis pada potongan bambu, kayu, dan kain sutra.

Penemuan kertas sangat mengubah bentuk tulisan China. Kertas ditemukan pada AD 105 oleh Ts’ai Lun, meskipun arkeolog mengatakan itu sekitar 300 tahun sebelumnya. Kertas awal dibuat dari rami, bambu, dan serat lainnya sampai penemuan ini menyebar ke seluruh dunia pada abad ke-10.

Tulisan Cina telah mengalami banyak perubahan gaya. Tetapi perubahan terbesar telah terjadi di abad ini, dengan penemuan karakter yang disederhanakan. Kebanyakan orang Cina belajar menulis dengan menggunakan karakter tradisional, hingga pembentukan Republik Rakyat Cina menyebabkan perubahan dalam cara penulisan China. Karakter yang disederhanakan dirancang untuk membantu literasi di Cina. Tapi Hong Kong dan Taiwan masih menggunakan karakter tradisional, dan orang Cina yang paling terdidik dapat membaca karakter tradisional serta karakter yang disederhanakan.

Tulisan Cina telah banyak dikritik karena kesulitannya, dan ada bentuk-bentuk tulisan Cina yang disusun menurut abjad seperti sistem Wade-Gilles dan Pinyin. Meskipun ada beberapa orang yang melakukan advokasi dengan menggunakan karakter Cina dan menggunakan Pinyin sebagai gantinya, tulisan China masih ada. Dan saya, untuk satu, tidak akan memilikinya dengan cara lain.

Jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang tulisan Cina, atau memiliki nama Anda atau apa pun yang diterjemahkan ke dalam bahasa Cina, silakan klik di sini.